Layanan Pembongkaran Petikemas

Prosedur layanan pembongkaran petikemas adalah sebagai berikut :

    1. Layanan Pembongkaran Petikemas

       

      1. Berdasarkan Hasil Rapat Harian Rencana Tambat Kapal, Supervisor Dermaga menyiapkan kade meter dan memberi tanda batas tambat kapal dengan menempatkan bendera tambat di dermaga untuk siang hari dan menambahkan lampu tambat untuk malam hari

         

      2. Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) bersiap pada posisi kade meter awal dan kade meter akhir tempat kapal akan sandar dan memasukkan ujung tali tambat kapal ke dalam bolder

         

      3. Supervisor Dermaga menginput data tanggal, jam, dan posisi sandar kapal ke dalam sistem PT. Terminal Petikemas Surabaya

         

      4. Setelah kapal sandar, Kru Kapal menurunkan tangga kapal dan memasang jala pengaman. Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) memastikan extra gangway telah dipasang dengan benar dan aman di antara tangga kapal dan dermaga

         

      5. Pada saat kapal awal sandar, Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) membuka lashing dan twislock petikemas di atas dek pada Bay yang akan dibongkar

         

      6. Pada saat membuka lashing dan twislock petikemas, Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) wajib menggunakan mancage apabila berada di atas petikemas dengan ketinggian lebih dari 2 meter

         

      7. Vessel Dispatcher mengaktifkan dan mengirimkan Urutan Pembongkaran Petikemas. Urutan ini disesuaikan dengan urutan rencana bongkar yang telah disepakati dengan Perusahaan Pelayaran/Agen Kapal

         

      8. Sebelum petikemas dibongkar dari atas kapal, haruslah diperhatikan adanya perlakuan khusus untuk petikemas bertipe Reefer, Over Dimension dan Uncontainerized

         

        1. Petikemas Reefer
          • Personil Pemantau Reefer melepas kabel reefer dari plug kapal dan mengecek pengaturan temperatur

             

        2. Petikemas Over Dimension dan Uncontainerized
          • Supervisor dermaga menginstruksikan Petugas Gudang Alat Bantu untuk mempersiapkan alat bantu yang dibutuhkan untuk membongkar petikemas dari atas kapal dengan memperhatikan panjang, lebar, dan tinggi petikemas

             

          • Personil Gudang Alat Bantu mempersiapkan alat bantu untuk membongkar petikemas sesuai dengan instruksi dari Supervisor Dermaga

             

          • Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) mengumpulkan semua alat bantu yang dibutuhkan dari gudang dan memasangnya pada spreader CC

             

      9. Operator CC membongkar petikemas dari kapal ke atas Head Truck sesuai arahan dari Petugas Tally

         

      10. Petugas Tally Dermaga memeriksa secara visual kondisi fisik dan nomor petikemas

         

      11. Petugas Tally Dermaga mengkonfirmasi hasil pembongkaran di HHT sesuai dengan nomor petikemas yang dibongkar dan menginputkan nomor segel petikemas

         

      12. Berdasarkan instruksi yang ditampilkan pada VMT, Pengemudi Head Truck mengangkut petikemas dari dermaga ke lapangan penumpukan

         

      13. Operator RTG/RS memindahkan petikemas dari chassis Head Truck ke lokasi penumpukan sesuai dengan instruksi yang ditampilkan pada VMT

         

      14. Untuk petikemas reefer, Personil Pemantau Reefer memasang kabel reefer ke plug di lapangan penumpukan dan mengecek pengaturan temperatur

         

      15. Petikemas yang telah dibongkar akan ditumpuk di lapangan penumpukan PT. Terminal Petikemas Surabaya untuk dimuat kembali ke kapal atau dikeluarkan dari terminal